Selamat Datang di Blog Kertas Fikri | Jangan lupa tinggalkan komentar | Follow untuk bergabung | Dapatkan info unik dan menarik | Semoga Bermanfaat
Pasang Iklan Murah Segera klik Contact us | Follow This site
TERIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI KERTAS FIKRI

Persamaan antara Naruto dan Harry Potter


Jika anda selama ini berpikir bahwa Anime yang paling mirip dengan HARRY POTTER adalah MAHOU SENSEI NEGIMA, well, dude, salah… Salah!!!! Sebenarnya yang paling mirip adalah NARUTO!!!
“Gilaaa…!”
Ya… knapa saya sampai berpikir seperti itu?
Tsk..tsk.. Saya tidak sembarangan bicara, segudang referensi telah saya telaah dalam-dalam hingga membebani fisik maupun mental sehingga tidak heran kalau berat saya turun bulan puasa ini. Sementara Negi membanggakan diri kemiripannya dengan Harry Potter menggunakan Tongkat dan kacamata yang entah dimana gagangnya, Naruto telah Bercosplay Harry ria!
yayaya.. Pokoknya, mari kita lanjut dan masuki pembahasan berikut…


Apa yang melatarbelakangi persamaan ini? Saya tidak tau. Yang pasti, jika kita berpikir secara logika yang terasah dan mendalam, sepertinya titik utama dari segala kegiatan di naruto adalah Ninjutsu, atau lebih berarti Magic Ninja. Entah mengapa, segala tindak-tanduk di naruto terutama saat fighting scene lebih menonjolkan Ninjutsu meskipun ada Taijutsu dan Genjutsu (Genjutsu juga sepertinya bisa dikategotikan menyihir, meskipun saya yakin, Rommy Rafael dan Deddy Corbuizer tidak sependapat dengan saya)
Balik ke topik… Sihir menyihir ala Ninja ini mengingatkan saya pada Harry Potter, walaupun secara Langsung dan tidak Langsung(?). Setelah menelaah lebih dalam, persamaan-persamaan berikut berhasil ditemukan!

ADA SEKOLAH NINJA, ADA SEKOLAH SIHIR
Yeah, meskipun saat buku dimulai, Naruto berada di bagian akhir ujian sekolah Ninja.

NARUTO DAN HARRY
Bapak mereka sama-sama tidak terlalu sering muncul. Jika tanda petir di dahi Harry berarti dia telah menyerap sebagian kemampuan Voldemort, belang-belang di pipi dan Segel di perut Naruto berarti kekuatan Kyubi ada pada dirinya. Mereka juga sepertinya cukup terkenal dengan tanda itu dan membuat mereka mendapat perlakuan khusus yang meskipun berbeda, membuat mereka sama-sama merasa tidak nyaman.

ANBU DAN AUROR
Persamaan yang pertama, adalah nama profesi mereka sama-sama dimulai dengan huruf “A”. Hebat bukan? Pekerjaan mereka sama-sama memburu penghianat, baik di kalangan penyihir maupun ninja.

THE EYE BALL
Jika Naruto memiliki Sharingan dan Byakugan, Harry Potter memiliki Mad-Eye Moody dengan matanya yang mampu menarik hati siapa saja, bahkan Sakura dan Ino. Jika Kakashi memiliki Sharingan Sebelah Mata, mata biru elektrik dari Mad-Eye Moody juga hanya sebelah! Sayangnya, kakashi telah keluar dari Anbu dan Moody juga bisa dianggap keluar, tapi dia bergabung dengan Orde Phoenix, yang mengkhususkan diri mengejar DIA YANG NAMANYA TIDAK BOLEH DISEBUT (iihh.. merinding…). Uniknya, mata biru elektrik Moody memiliki kesamaan kegunaan dengan Byakugan. Sayangnya, dia berwarna Biru, bukan putih. Jika beberapa orang menganggap mata Neji katarak karena berwarna putih, Semua orang di Harry
Potter menamai mata Moody Gila dan Menjijikkan.

Note : Kakashi mungkin malu menunjukkan mata merahnya tapi Moody percaya diri dengan mata birunya.

KEPALA SEKOLAH
Ya.. Mereka sama-sama tua, selain itu, sama-sama mati.

GRUP
Grup Harry adalah Harry-Ron-Hermione, Grup Naruto (sebelum sasuke minggat) adalah Naruto-Sasuke-Sakura, 2 cowok, satu cewek. Perhatikan nama mereka, ada dua orang yang memiliki huruf depan sama (Harry-Hermione, Sasuke-Sakura) dengan satu cowok yang huruf awalnya lain sendiri (Ron-Naruto). Meskipun begitu, setidaknya Hermione tidak mengejar-ngejar Ron seperti Sakura mengejar-ngejar Sasuke.

SAKURA DAN HERMIONE
Perempuan, Pintar. Apakah mereka kembar?

OROCHIMARU DAN VOLDEMORT
Orochimaru dan Voldemort memiliki banyak persamaan. Keduanya berkaitan erat dengan ular. Manda bahkan memiliki bentuk yang sama dengan Basilisk yang dideskripsikan dalam buku, meskipun basilisk tidak berwarna keunguan. Jika Voldemort berbicara pada Basilisk dengan PARSELTONGUE, Manda berbicara pada Orochimaru dengan SINGLETONGUE (yah, mungkin itulah julukan terhadap ular yang mampu berbahasa Jepang-dengan sentuhan preman).
Jika Voldemort menghabiskan waktu luangnya dengan meloncat-loncatkan rohnya di Horcrux-Horcruxnya yang bertebaran dimana-mana, Orochimaru lebih suka meloncat-loncati tubuh orang lain, dan karena gemar meloncat-loncat, mereka diburu…

MANTRA YANG SELALU DISEBUTKAN
Jika tokoh-tokoh dalam Harry Potter selalu menyebutkan nama sihir mereka, begitupula dengan semua Jutsu di naruto. Jika pada akhirnya tokoh2 di Harry Potter hanya menyebutkan mantranya dalam hati, di Anime dapat kita lihat, beberapa tokoh menyebut nama jurus mereka tanpa menggerakkan bibir.

KACAMATA
Harry mengenakan kacamata dan Naruto mengenakan Kacamata Pilot sebelum menggantinya dengan Head Protector.

PELAHAP MAUT DAN AKATSUKI
Jika semua Pelahap Maut mengenakan Jubah Gelap, setiap anggota Akatsuki berjubah sama gelapanya, dengan ditambah sedikit awan kemerahan. Dua grup ini juga sepertinya sedikit malu dengan mukanya, sehingga menutupinya dengan topi tinggi atau caping. Menu favorit mereka juga sepertinya sama, “MAUT GORENG MENTEGA”

TERSEMBUNYI?
Desa Konohagakure dan Kastil Sekolah Sihir sama-sama segede bandara Soekarno-Hatta tapi entah mengapa sepertinya susah sekali ditemukan…

RAKSASA
Jika semua tokoh di Harry Potter terbiasa dengan Hagrid, Semua penghuni Konohagakure terbiasa melihat bapak Chouji menggunakan Chou-Baika No Jutsu. Keduanya juga sepertinya senang dengan Gaya Rambut Pencinta Alam.

PENYIHIR?
Kita semua sudah tau bahwa sebelumnya, Naruto adalah penihir kecil dalam manga pendek karya Masashi Kishimoto, yang kemudian menjadi Manga Ninja. apakah ini berarti pada seri-seri setelah buku Harry Potter berakhir, J.K. Rowling akan menulis Harry The Ninja???



Please Leave a Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar