Selamat Datang di Blog Kertas Fikri | Jangan lupa tinggalkan komentar | Follow untuk bergabung | Dapatkan info unik dan menarik | Semoga Bermanfaat
Pasang Iklan Murah Segera klik Contact us | Follow This site
TERIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI KERTAS FIKRI

Pemanfaatan Alga atau Ganggang Sebagai Sumber Listrik



Pernah Dengar belum? kata APSIFEST? Pasti para Game Makers, Blogger, dan Programer, sudah tidak asing lagi dengan Kata Diatas, baiklah jika anda baru mendengar kata APSIFEST saya akan menjelaskan sedikit.
APSIFEST 2012 adalah suatu kompetisi yang di adakan oleh Fakultas Institut Sains Teknologi Telkom (STT Telkom). Sebenarnya acara ini juga pernah di selenggarakan tahun-tahun sebelumnya lho... hebat bukan? Bagi kalian yang berminat untuk mengikuti kompetisi/lomba langsung aja klik link DISINI  untuk info lanjut J Program ini adalah program yang sangat menarik dan menambah wawasan pastinya. Ayo tunggu apalagi untuk para siswa SMA, SMK, Mahasiswa. Ini adalah kesempatan untuk kalian mendapatkan peluaising emas “Good Luck”
Nah! Tahun Ini Apsifest 2012 membuat tema tentang Teknologi Sains Terapan Untuk Kemajuan Bangsa” waaah tema yang sangat menarik bukan? Pasti bagi kalian yang menyukai IT tidak akan melewatkan kesempatan ini kan? Hehe . dan semoga saja tahun depan Fakultas Institut Sains Teknologi Telkom (STT Telkom) dapat menyelenggarakan Lomba-lomba yang lebih Bagus dan meriah.. Majuuu terruss *heboh*
Sesuai Dengan tema di atas nih sob kali ini saya akan membahas beberapa Teknologi Sains Terapan yaitu
“Pemanfaatan Alga atau Ganggang Sebagai Sumber Listrik dan Bahan Bakar”


Sebelum kita BAHAS semua itu, kita harus tahu dulu nih tentang ILMU KOMPUTASI DAN TEKNIK FISIKA nah dalam Catatan Usang ini saya akan menjelaskan Semua tentang Ilmu Komputasi dan Teknik Fisika . berikut penjelasannya.....
Ilmu Komputasi sudah pernah dengar belum kata ini? Jika belum saya akan menjelaskan secara singkat namun padat. Ilmu Komputasi   adalah ilmu yang mempelajari tentang Penyusunan Model Matematika dan Teknik  penyelesaian numerik  juga dalam penggunaan komputer untuk menganalisa dan memecahkan berbagai masalah dalam ilmu sains. Tapi tunggu sobat... ilmu komputasi beda dengan ilmu komputer lain yang mengkaji komputasi, komputer dan dalam pemprosesan informasi
Bagaimana, Sudah tau kan tentang ilmu komputasi? Lalu bagaimana dengan Tektik Fisika? Yuk kita bahas lagi ....
Waah yang ini agak memusingkan tapi SERU ...
Teknik Fisika lebih dikenal sebagai program studi yang memperlajari hal-hal yang mengenai dengan Fisika dan Teknologi. (sesuai namanya). Dengan begitu, kita dapat memiliki kemampuan untuk menyelesaikan prsoalan teknik fisika secara luas . tak lain dan tak bukan program fisika ini juga sama halnya seperti Tektik Material, Teknik Elekro, Teknik Kimia dan lain sebagainya
Bagaimana? Keren bukan hehehe... Bagi kalian Berminat mengikuti Program dari  Fakultas Institut Sains Teknologi Telkom (STT Telkom)   makannya persiapkan dari sekarang J

      Ok sesuai janji saya ni sob saya akan menjelaskan tentang Teknologi sains Terapan tentang Ganggang dan Alga
Ada yang tau tentang Ganggang dan Alga ga? Pasti tahu kan?  Ganggang Hijau atau disebut juga Cyanophyta atau Chlorophyta adalah tumbuhan Protista yang menyerupai tumbuhan, berwarna hijau, dan berbentuk seperti benang-benang halus. Ganggang atau Alga pada umumnya hidup di air, baik air tawar maupun air laut, serta di tempat-tempat yang lembab.
Salah satu penelitian yang tak pernah henti dilakukan adalah mencari cara untuk menggantikan fungsi minyak bumi dan menemukan cara untuk menghasilkan listrik dengan cara yang ramah lingkungan sob.. so para peneliti akhirnya menemukan solusi nya.. ya,,, dengan Alga dan Ganggang tentunya metode ini bisa dibuat efisien dan efektif maka akan ada alternatif pembangkit listrik yang ramah lingkungan.
Peneliti yang berasal dari Stanford University berhasil menghasilkan listrik dari Ganggang dengan cara menanamkan Elektroda ke dalam Para peneliti dari selaput sel dari Ganggang tersebut keren kan? Hehe Para peneliti asal nya memasukan Elektroda kedalam gangga/Alga tersebut, dan ternyata jeng jeng Alga/Ganggang menghasilkan Listrik lhoo dan kabar baiknya metode ini tidak menghasilkan dampak negative wow hebaaat. Peneliti membuat Elektroda dari emas ..
Setelah itu Peneliti Menciptakan sebuah Lampu menggunakan Alga ternyata benar-benar berhasilll *prokk prokk prokk* berikut hasil gambarnya
Ilmuwan Mike Thompson merancang sebuah lampu gantung yang ia namakan Latro Lamp. Lampu ini dilengkapi dengan baterai yang akan menyimpan arus listrik yang dihasilkan alga sepanjang hari. Bagian bawah lampu terpasang lampu sensor intesitas cahaya yang mengatur intesitas lampu agar alga tidak terus-menerus dipaksa menghasilkan listrik.
Asupan makanan yang dapat diberikan untuk memelihara alga tersebut adalah dengan bernafas di depan tabung lampu.
Bagaimana sob? Sudah mengerti bukan? Hehe oh ya sekedar mengingatkan lagi Bagi kaliat yang minat Lomba Blogging Klik aja http://apsifest.ittelkom.ac.id/

Terus apa Manfaat kita kalo kita ikut APSIFEST?
Secara saya pribadi saya sangat bangga dapat mengikuti lomba . dan saya merasa saya mendapat ilmu yang tidak ternilai harga nya .
Dan saya yakin bahwa saya akan menang dan saya optimis. Meski para pepatah mengakatan “SIAP KALAH DAN SIAP MENANG” tapi menurut saya siapa juga orang yang SIAP KALAH hehe betul tidak sob?
Saya OPTIMIS saya menang karena
1.     Blog ini ditulis dengan gaya bahasa yang KOMUNIKATIF
2.     Blog ini juga dipenuhi gambar-gambar yang dapat menghilangan rasa borring saat membaca blog
3.     Blog ini Dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya (termasuk orang asing)
4.     Blog ini di tulis dengan FULL COLOUR So gakan bosan kalian baca nih artikel bener ga?

Nah akhirnya saya selesai juga menulis… banyak hal yang harus saya lalui untuk menulis artikel ini maka saya berterimakasih kepada teman-teman yang telah support saya dalam mengikuti Blog ini
Semoga Bermanfaat ( Don’t Forget Leave Comment Please)

                http://matoa.org/alga-penghasil-listrik/
            

12 komentar:

  1. boleh bertanya? kalo elektrtoda diambil dari unsur apa ya?

    BalasHapus
  2. Dari unsur emas, setalah dimasukan kedalam alga. ternyata elektroda itu berfungsi

    BalasHapus
  3. wesssst bagusss,,,, btw udah ada yang memproduksi belumya latro lamp nya?

    BalasHapus
  4. Emng kalo udah diproduksi mau beli ya?

    BalasHapus
  5. @muhammad retsa: Kurang tau sih gan itu sudah di produksi atau tidak, tp menurut prediksi saya mungkin udah :D

    BalasHapus
  6. Nice info gan, blog yg memberi ilmu pengetahuan dan bermanfaat, Itu yg namanya Blog.
    Lanjutkan, semoga sukses gan !!

    BalasHapus
  7. @tiara umari: Hahah thanks minta komen dan promosi nya
    @anonim: iya thnks ya .

    BalasHapus
  8. aku mau daftarrrrrrrr

    BalasHapus
  9. bagus sekali ni sebagai alternativ sumber energi tambahan

    BalasHapus
  10. saya pengen lebih paham lebih spesifikasi mengenai cara pembuatannnya dong...

    BalasHapus